BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pendidikan dan Latihan untuk Anggota Dewasa merupakan bagian dari proses pembinaan anggota dewasa yang yang secara garis besar terdiri atas kursus, pertemuan dan kegiatan. Kursus dasar yang harus diikuti Pembina pramuka adalah Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).
KMD adalah jenjang pertama Kursus Pembina Mahir. Peserta KMD adalah anggota dewasa yang akan membina anggota muda di gugus depan. Setelah lulus KMD, seorang Pembina diharuskan mempraktikkan dan mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya, guna mendapatkan pengalaman membina di gugus depan dalam program pemantapan dasar. Mereka yang telah menyelesaikan pemantapan dasar dapat mengikuti kursus tahap berikutnya, yaitu KML.
KML adalah jenjang kursus kedua Kursus Pembina yang dititikberatkan pada praktek membina satuan. Peserta KML adalah lulusan KMD yang telah melaksanakan program pemantapan dasar. Kursus Pembina Pramuka Mahir (Dasar dan Lanjutan) merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan, karena saling melengkapi.
Setelah mengikuti KML, seorang Pembina harus melakukan Pemantapan lanjutan untuk seorang Pembina Mahir, dan menuangkan rencana tersebut dalam sebuah action plan atau Rencana Tindak Lanjut (RTL). Rencana ini berupa perencanaan kegiatan perorangan dan merupakan tali pengikat peserta KML atas komitmen dan pengabdianny terhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka.
1.2. Dasar Hukum
1) Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 283 tahun 1961 tentang gerakan Pramuka.
2) Kepres RI No. 104 tahun 2004 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
3) Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 tahun 2005 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
4) Keputusan Ketua Kwartir Nasional gerakan Pramuka No. 090 Tahun 2001 Tentang Panduan Khusus Pembina Pramuka Mahir
5) Program Kerja Kwartir Cabang Tegal 2010/2011
6) Program Kerja Kwartir Ranting Suradadi.
7) Program Kerja Tahunan Gugus Depan 02-017 dan 02-018 Pangkalan SDN Purwahamba 01 Pelajaran 2010/2011.
8) Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan tanggal 20 Desember 2009 s.d. 25 Desember 2011 di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.
1.3. Tujuan
Rencana Tindak Lanjut ini disusun sebagai pedoman kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan di Gugus Depan 02-017 dan sebagai tindak lanjut keikutsertaan dalam kursus pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan.
Setelah mengikuti KML, diharapkan segala dedikasi, motivasi, kegiatan, dan komitmen dapat dipertahankan dan ditingkatkan. dituangkan dalam RTL sebagai berikut:
1) Pengikat peserta KML atas komitmen dan pengabdiannya terhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka;
2) Memberi bekal pengetahuan dasar dan pengakaman praktis membina pramuka melalui kepramukaan dalam satuan pramuka.
3) mengendalikan diri dengan melaksanakan program yang telah disusun unruk menetapkan Program kerja yangg akan dilaksanakan di Gusus Depan;
4) untuk melihat hasil sejauh mana pembina mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dalam kegiatan KML yang diterapkan kepada anak didik di Gugus Depannya masing-masing;
5) Meningkatkan kepercayaan diri.
1.4. Ruang Lingkup
RTL ini mencakup kegiatan-kegiatan dalam pembinaan anggota Pramuka di Gugus Depan sebagai berikut:
1) Penyusunan Administrasi di Gugus Depan 02-017
2) Pengorganisasian: struktur Gudep 02-017 dan dewan penggalang
3) Penyusunan program kegiatan: jenis dan sasaran kegiatan
4) Pelantikan, serta
5) Kegiatan perkemahan
BAB II
GAMBARAN UMUM GUGUS DEPAN
2.1. Lokasi
Sekolah Dasar Negeri Purwahamba 01 adalah Suatu lembaga pendidikan yang terletak di Lingkungan Kecamatan Suradadi
Berikut sekilas data tentang GUGUS DEPAN 02-017 dan 02-018 di Pangkalan SDN Purwahamba 01 Suradadi :
Nama Pangkalan : Pangkalan SDN Purwahamba 01
Tahun Berdiri : 1930
Nomor Gudep PA : 02-017
Nomor Gudep PI : 02-018
Kwartir Ranting : Suradadi
Kwartir Cabang : Tegal
Alamat Lengkap : Jl. Mekar Raya No. 01 Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Telp. (0283) 3316368 e-mail : sdnegeripurwahamba@gmail.com
2.2. Struktur Organisasi GUGUS DEPAN
Struktur Organisasi Pasukan Penggalang Putra SDN Purwahamba 01 dalam bagan sebagai berikut :
1. Mabigus : FAIZAH.
2. Pembina GUDEP : Abu Chusna Idris.
3. Pembina Putra : Khaerul Huda
4. Pembantu pembina PA : Amad Subki.
5. Pembina Putri : Nofi Tri Budiarti.
6. Pembatu pembina PI : Indah Sulistiawati.
7. Dewan Penggalang : - Pratama : Hartanto
- Sekretaris : Aisyah
- Bendahara : Ismi Purniasih
2.3. Data Potensi Anggota GUDEP
2.3.1. Peserta Didik (Pramuka Muda)
No | Golongan | Tingkatan SKU | Tingkatan TKK | ||||||
Anggota | PA | PI | Jml. | Anggota | PA | PI | Jml. | ||
1 | PENGGALANG | Calon | - | - | - | Purwa | - | - | - |
Ramu | 37 | 28 | 65 | Purwa | - | - | - | ||
Rakit | 23 | 38 | 61 | Purwa | - | - | - | ||
Terap | - | - | - | - | - | - | - | ||
Garuda | - | - | - | - | - | - | - | ||
Jumlah | 60 | 66 | 126 | - | - | - | - |
2.3.2. Pramuka Dewasa
No | Nama | Jabatan | Lulusan Kursus | Ket. | |||||
Orientasi | KMD | KML | KPD | KPL | Profesional | ||||
1 | FAIZAH | Mabigus | Ö | Ö | - | - | - | - | |
2 | Abu Chusna Idris | Pembina Gudep | Ö | Ö | - | - | - | - | |
3 | Khaerul Huda | Pembina Putra | Ö | Ö | Ö | - | - | - | |
4 | Amad Subki | Pembantu Pembina | Ö | - | - | - | - | - | |
5 | Nofi Tri Budiarti | Pembina Putri | Ö | Ö | - | - | - | - | |
6 | Indah Sulitiawati | Pembantu Pembina | Ö | - | - | - | - | - | |
2.4. Inventaris GUDEP
No | Nama Barang | Kode | Jumlah barang | Tahun Pengadaan | Kondisi | ||
Baik | Sedang | Rusak | |||||
1 | Tenda | GP.01 | 2 | 1996 - 2007 | 1 | 1 | - |
2 | Tiang Bendera | GP.02 | 2 | 2005 - 2009 | 2 | - | - |
3 | Bendera Merah Putih | GP.03 | 4 | 2000 - 2007 | 2 | 2 | - |
4 | Bendera Wosm | GP.03.a | 1 | 2000 - 2007 | 1 | - | - |
5 | Bendera Panji | GP.03.b | 4 | 2000 - 2007 | 2 | 2 | - |
6 | Bendera Regu | GP.03.c | 4 | 2000 - 2007 | 2 | 2 | - |
7 | Bendera Semaphore | GP.03.d | 4 | 2000 - 2007 | 2 | 2 | - |
8 | Tikar | GP.04 | 2 | 2009 | 1 | 1 | - |
9 | Tongkat | GP.05 | 132 | 2001 - 2010 | 126 | 6 | 2 |
10 | Tambang Plastik | GP.06.a | 6 | 2002 - 2008 | 4 | 2 | - |
11 | Tambang Rami | GP.06.b | 42 | 2007 - 2010 | 7 | 30 | 10 |
12 | Kompas | GP.07 | 2 | 2005 - 2008 | 1 | 1 | - |
13 | Papan Krani | GP.08 | 5 | 2000 - 2006 | 2 | 2 | 1 |
14 | Golok | GP.09 | 1 | 2007 | - | 1 | - |
15 | Topi Latihan | GP.10 | 22 | 2005 | - | 22 | - |
16 | Peluit | GP.11 | 6 | 2007 | 6 | - | - |
17 | Patok Besi | GP.12 | 40 | 2003 | - | 40 | - |
18 | Megaphone | GP.13 | 2 | 2005 - 2010 | 2 | - | - |
19 | Protactor | GP.14 | 6 | 2004 - 2010 | 2 | 4 | - |
20 | Selempang | GP.15 | 22 | 2003 | 22 | - | - |
21 | Buku Induk | GP.16.a | 2 | 2004 | - | 2 | - |
22 | Buku Keuangan | GP.16.b | 2 | 0 s.d 2010 | - | 2 | - |
23 | Buku Acara Kegiatan | GP.16.c | 2 | 0 s.d 2010 | - | 2 | - |
24 | Buku Inventaris | GP.16.d | 2 | 0 s.d 2010 | - | 2 | - |
25 | Buku harian | GP.16.e | 2 | 0 s.d 2010 | - | 2 | - |
26 | Buku Presensi | GP.16.f | 2 | 0 s.d 2010 | - | 2 | - |
27 | Rak/Lemari | GP.17 | 1 | 2005 | - | - | 1 |
28 | Kursi | GP.18 | 20 | 2001 | - | 15 | 5 |
29 | Meja | GP.19 | 4 | 2001 | - | 2 | 2 |
30 | Papan Tulis | GP.20 | 2 | 2004 | 1 | 1 | - |
BAB III
LAPORAN PEMANTAPAN KML
3.1. Program Kerja Tahunan Gudep 02-017/ 02-018 Pangkalan SDN Purwahamba 01 Suradadi Tahun Pelajaran 20011/2012
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a. Pencapaian SKU
Meningkatkan latihan Pramuka Penggalang dari jenjang Penggalang :
- Ramu
- Rakit
- Terap
b. Pencapaian SKK
Berusaha untuk pencapaian SKK 10 macam meliputi :
- 2 macam SKK Agama
- 2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
- 2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
- 2 macam SKK Keterampilan dan Teknik Pembangunan
- 2 macam SKK Sosial, Prikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia an Lingkungan Hidup
c. Menyiapkan Penggalang Garuda
Menyiapkan Penggalang Garuda sesuai dengan persyaratan yang berlaku
d. Gladian Pemimpin Regu (Dian Pinru)
e. Perkemahan Sabtu Minggu/Dekat (Agenda Acara Pelantikan)
f. Lomba Tingkat I
g. Bakti Masyarakat
2. Kegiatan Bersama antara Satuan dalam Gugus Depan
a. Ulang Tahun Gugus Depan
b. Memperingati Hari-hari Besar Agama dan Hari-hari Besar Nasional
c. Bakti masyarakat di lingkungan Gudep
3. Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a. Mengirimkan para pembina untuk mengikuti Kursus Pembina yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab)
b. Mengirimkan para pembina untuk mengikuti Kursus Pembina yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting (Kwarran)
4. Bidang Tanda Penghargaan
a. Sistem penghargaan dijalankan sebagaimana mestinya
b. TKK untuk Penegak dan Pandega harus sesuai dengan kemajuan zaman
5. Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya :
a. Buku-buku pegangan Pembina
b. Perlengkapan Pasukan Penggalang
c. Papan Nama Gugus Depan, stempel, dan perangkat buku-buku administrasi
d. Surat Perizinan Kegiatan dibuat sesuai kebutuhan
e. Hendaknya diusahakan Asuransi
6. Bidang keuangan
a. Rencana Pemasukan
- Iuran Anggota 126 x 12 x Rp. 1000,- Rp. 1.500.012,-
- Usaha Lain dari BOS Rp. 500.000,- +
Jumlah Rp. 2.000.012,-
b. Rencana Pengeluaran
- Biaya Kegiatan Pasukan Penggalang
Pelantikan Rp. 500.000,-
- Biaya Kegiatan
Gugus Depan/Orientasi keperamukaan Rp. 600.000,-
- Ulang Tahun Gugus Depan Rp. 330.000,- +
Jumlah Rp. 1.430.000,
3.2. Rencana Kegiatan Semester
No | Kegiatan | Bulan | Ket | |||||
Juli | Agts | Sep | Okt | Nov | Des | |||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
1 | Pelantikan Penggalang Ramu | Ö | - | - | - | - | - | |
2 | Latihan mencapai SKU Penggalang Rakit | | | | | | | |
a. Pengujian Dasa Dharma | Ö | - | - | Ö | - | - | | |
b. Pengujian Tri Satya | Ö | - | Ö | - | - | - | | |
c. Latihan Upacara-upacara dalam pramuka | - | Ö | - | - | - | - | | |
d. Mengenal bentuk barisan | - | - | Ö | - | Ö | - | | |
e. Mengenal lambang Gerakan Pramuka | - | - | Ö | - | Ö | - | | |
f. Mengenal Salam Pramuka | - | Ö | - | - | - | - | | |
g. Mengenal Struktur gugus Depan dan Tanda Pengenal | - | Ö | - | - | - | - | | |
h. Pakaian Seragam Pramuka dan tanda-tanda Pengenal | - | - | - | Ö | - | - | | |
i. Mengenal lambang Negara RI | - | - | - | Ö | - | - | | |
j. Mengenal Pancasila | - | - | Ö | - | - | - | | |
k. Mengenal Lagu Kebangsaan, Lagu-lagu Wajib dan lagu Daerah | - | Ö | - | - | - | - | | |
l. Mengenal sejarah bendera Kebangsaan dan Bahasa Nasional | - | Ö | - | - | - | - | | |
m. Mengenal 8 Arah Mata Angin | Ö | - | - | - | - | - | | |
n. Mengenal Peraturan baris Berbaris | Ö | - | Ö | Ö | - | - | | |
o. Mengenal Ikatan dan Tali Temali | - | Ö | - | Ö | - | - | | |
p. Menyampaikan Berita Secara Lisan | - | Ö | - | - | Ö | - | | |
q. Mengenal Sandi (Morse, Semaphore dan Sandi Kotak) | - | - | Ö | Ö | - | - | | |
r. Syahadat, Rukun Islam, Rukun Iman dan Sejarah Nabi Muhammad SAW. | Ö | - | - | - | Ö | Ö | | |
s. Mengenal makanan Khas Daerah dan mengatur meja makan | - | - | - | - | Ö | Ö | | |
3 | Ujian SKU Penggalang Rakit | Ö | Ö | Ö | Ö | Ö | Ö | |
4 | Pelantikan Penggalang Rakit | Ö | Ö | Ö | Ö | Ö | Ö | |
3.3. Evaluasi Kegiatan yang Terlaksana
No | Kegiatan | Keterangan | |
Terlaksana | Tidak Terlaksana | ||
1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Pelantikan Penggalang Ramu | | |
2 | Latihan mencapai SKU Penggalang Rakit | | |
a. Pengujian Dasa Dharma | | | |
b. Pengujian Tri Satya | | | |
c. Latihan Upacara-upacara dalam pramuka | | | |
d. Mengenal bentuk barisan | | | |
e. Mengenal lambang Gerakan Pramuka | | | |
f. Mengenal Salam Pramuka | | | |
g. Mengenal Struktur gugus Depan dan Tanda Pengenal | | | |
h. Pakaian Seragam Pramuka dan tanda-tanda Pengenal | | | |
i. Mengenal Lambang Negara RI | | | |
j. Mengenal Pancasila | | | |
k. Mengenal Lagu Kebangsaan, Lagu-lagu Wajib dan lagu Daerah | | | |
l. Mengenal sejarah bendera Kebangsaan dan Bahasa Nasional | | | |
m. Mengenal 8 Arah Mata Angin | | | |
n. Mengenal Peraturan baris Berbaris | | | |
o. Mengenal Ikatan dan Tali Temali | | | |
p. Menyampaikan Berita Secara Lisan | | | |
q. Mengenal Sandi (Morse, Semaphore dan Sandi Kotak) | | | |
r. Syahadat, Rukun Islam, Rukun Iman dan Sejarah Nabi Muhammad SAW. | | | |
s. Mengenal makanan Khas Daerah dan mengatur meja makan | | | |
3 | Ujian SKU Penggalang Rakit | | Rencana Lanjutan |
4 | Pelantikan Penggalang Rakit | | Rencana Lanjutan |
3.4. Hasil Kegiatan Analisis Perubahan Peserta Didik
No | Kegiatan | Data Awal | Data Akhir |
1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Latihan Mingguan | | |
a. Absensi | | | |
2 | Latihan mencapai SKU Penggalang Rakit | | |
a. Pemahaman Dasa Dharma | | | |
b. Pemahaman Tri Satya | | | |
c. Latihan Upacara-upacara dalam pramuka | | | |
d. Mengenal bentuk barisan | | | |
e. Mengenal lambang Gerakan Pramuka | | | |
f. Mengenal Salam Pramuka | | | |
g. Mengenal Struktur gugus Depan dan Tanda Pengenal | | | |
h. Pakaian Seragam Pramuka dan tanda-tanda Pengenal | | | |
i. Mengenal Lambang Negara RI | | | |
j. Mengenal Pancasila | | | |
k. Mengenal Lagu Kebangsaan, Lagu-lagu Wajib dan lagu Daerah | | | |
l. Mengenal sejarah bendera Kebangsaan dan Bahasa Nasional | | | |
m. Mengenal 8 Arah Mata Angin | | | |
n. Mengenal Peraturan baris Berbaris | | | |
o. Mengenal Ikatan dan Tali Temali | | | |
p. Menyampaikan Berita Secara Lisan | | | |
q. Mengenal Sandi (Morse, Semaphore dan Sandi Kotak) | | | |
r. Syahadat, Rukun Islam, Rukun Iman dan Sejarah Nabi Muhammad SAW. | | | |
s. Mengenal makanan Khas Daerah dan mengatur meja makan | | |
BAB IV
PENUTUP
Sebagai wadah Pendidikan non-formal yang dimasukan ke dalam lembaga Pendidikan formal, Gerakan Pramuka dimaksudkan supaya dapat membentuk suatu generasi yang memiliki iman yang kuat, pengetahuan luas, berjiwa patriot dan rela mengabdikan diri pada Agama dan Bangsa.
Rencana Tindak Lanjut ini disusun setelah penulis mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML). RTL merupakan persyaratan kursus untuk memperoleh pengesahan sebagai pembina pramuka mahir Dasar. Produk ini berupa perencanaan pribadi dalam pembinaan terhadap peserta didik maupun pengabdian bagii masyarakat, terutama bagi kemajuan Gerakan Pramuka.
Sekecil apapun manfaat yang dapat dipetik dari tulisan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan bagi peningkatan mutu generasi muda bangsa. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi setiap gerak dan langkah kita. Amin.
Hasbunallah Wani`mal Wakil ..
Purwahamba, Januari 2011
Penyusun,
KHAERUL HUDA
0 komentar:
Posting Komentar